01 Maret, 2009

Evolusi Catfish..

Apakah anda tahu ikan catfish? ikan ini sebangsa ikan lele, sama-sama punya kumis nya, ternyata mereka mempunyai cara berevolusi yang unik. Ikan catfish ini termasuk ke dalam ikan predator yang selalu memangsa telur ikan-ikan lain.

Apakah anda juga tahu ikan siklid? Louhan adalah salah satu jenis ikan siklid yang umum diketahui orang banyak.
Tahukah anda, jika ikan catfish dalam melahirkan atau dalam membesarkan anak-anaknya sangat dibantu oleh ikan siklid, kok bisa,bagimana caranya ya?

Ikan Catfish yang senang mengganggu dan menajdikan telur ikan lain sebagai santapannya, mempunyai cara yang unik dan cerdas, bagaimana cara melahirkan dan membesarkan keturunannya tanpa susah payah harus menjaga keturunannya tersebut. caranya cukup sederhana.. pada saat ikan-ikan catfish ini menyerbu telur-telur ikan siklid yang disukainya, ikan-ikan catfish betina pun mengeluarkan telur-telurnya, sehingga si induk ikan siklid yang panik karena telur-telurnya akan dimakan ikan catfish, dengan berani dan refleks menyedot telur-telur yang ada di luar, dan disimpan di mulutnya, dan tanpa di sadari si induk ikan siklid tersebut bahwa selain telur-telur mereka sendiri, juga terdapat telur ikan catfish tersedot ke dalam mulutnya.

Setelah gagal mendapatkan telur-telur ikan siklid, ikan catfish pun pergi dan melanjutkan hidup seperti biasanya. sedangkan ikan siklid yang telah merasa bahwa mereka telah berhasil melindungi generasi penerus mereka, tertawa senang, karena calon anak-anaknya selamat dari terkaman si ikan catfish. Waktu-ke waktu masa pertumbuhan telur-telur di dalam mulut si siklid makin tambah dewasa dan telah menetas menjadi ikan, baik anak ikan siklid ataupun anak ikan catfish yang telurnya telah tersedot tanpa sengaja. Tanpa disadari si induk siklid, anak-anak ikan siklid yang ada di dalam mulutnya satu persatu menjadi santapan anak ikan catfish. kalau beruntung masih ada satu atau dua ekor anak ikan siklid yang bertahan. tapi seringnya semua anak ikan siklid habis dimangsa anak ikan catfish. Parahnya si induk siklid tidak menyadari bahwa anak-anak ikan yang telah dijaganya di mulutnya bukanlah anak-anaknya, melainkan pemangsa anak-anaknya, dan si anak catfish pun menganggap bahwa si induk siklid itu adalah induk aslinya, sehingga mereka bisa bermanja-manja dengan si induk siklid. Anak-anak ikan catfish bukan saja telah merampok nyawa si anak siklid tapi juga telah merampok ibu mereka...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar